SILABUS MULOK BACA TULIS
AL-QUR’AN
Sekolah                                   :  SMK NEGERI I KLABANG
Kelas/Semester                        :  XI / Genap
Mata
Pelajaran                        :
 Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)
Jumlah Pertemuan                   :  5 TM x 2 (10 Jam Pelajaran)
Standar Kompetensi    : 1. Memahami
dan Menerapkan Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Ajar 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
  
   
Nilai
  Karakter 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
  
   
Contoh
  Instrumen 
 | 
 |||||||
| 
   
1.1.       
  Siswa mampu
  Menunjukkan Menjelaskan Hukum Bacaan
  Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’ 
1.2.       
  Siswa mampu menerapkan
  Hukum Bacaan Qolqolah dan
  Hukum Bacaan Lam dan Ro’ 
 | 
  
   
·    
  Hukum
  Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’ 
 | 
  
   
·    
  Siswa
  membaca dan menelaah materi tentang Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan
  Lam dan Ro’ 
·    
  Siswa
  mendiskusikan materi tentang Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan
  Ro’ 
·    
  Siswa
  mempraktikan Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’ dalam bacaan
  surat-surat pendek 
 | 
  
   
·    
  Menunjukkan
  dan Menjelaskan Hukum
  Bacaan Qolqolah  
·    
  Menyebutkan
  macam-macam huruf qolqolah 
·    
  Menjelaskan qolqolah sughro dan qolqolah kubro 
·    
  Membedakan qolqolah sughro dan qolqolah kubro 
·    
  Menjelaskan Hukum Bacaan Lam dan Ro’ 
·    
  Menyebutkan macam-macam huruf Isti’lak 
·    
  Menjelaskan
  bacaan lan dan ro’ tafkhim dan ro’ tarqiq 
·    
  Membedakan lam dan ro’ tafkhim dan lam dan ro’ tarqiq 
·    
  Mempraktikkan
  pengucapan bacaan qolqolah sughro dan qolqolah
  kubro 
·      Mempraktikkan pengucapan bacaan ro’tafkhim dan ro’ tarqiq 
 | 
  
   
Tes tulis 
Tes baca 
Tes tulis 
 | 
  
   
Uraian 
Demonstrasi 
 | 
  
   
·     Jelaskan hukum bacaan Qolqolah.! 
·     Sebutkan
  macam-macam Lam dan Ro'.! 
·     Berilah
  contoh kalimat yang mengandung bacaan Qolqolah Kubro.! 
 | 
  
   
1 X TM  
2  jam 
pelajaran 
 | 
  
   
·     
  Buku Teks BTA 
·     
  Buku Tajwid 
·     
  Guru 
·     
  Siswa 
 | 
  
   
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Disiplin 
 | 
 
Standar Kompetensi    :
2. Memahami Hukum Bacaan Waqof dan
menerapkan dalam membaca Al Qur’an dengan baik dan benar
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Ajar 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
  
   
Nilai
  Karakter 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
  
   
Contoh
  Instrumen 
 | 
 |||||||
| 
   
2.1.  
  Menjelaskan
  hukum bacaan Waqof. 
2.2.  Menunjukan hukum
  bacaan Waqof dalam bacaan surat Al Qur’an 
2.3.  
  Menerapkan
  hukum bacaan Waqof dalam bcaan surat Al Qur’an 
 | 
  
   
·     
  Hukum bacaan Waqof 
 | 
  
   
·       
  Siswa
  membaca dan menelaah materi tentang Hukum bacaan Waqof 
·       
  Siswa
  mendiskusikan materi tentang Hukum bacaan Waqof 
·       
  Siswa
  mempraktikan Hukum bacaan Waqof dalam bacaan surat-surat pendek 
 | 
  
   
·     
  Menjelaskan pengertian dan hukum bacaan waqof. 
·     
  Menyebutkan macam-macam bacaan .waqof dan cara membacanya. 
·     
  Menyebutkan tanda bacaan waqof 
·     
  Menunjukan contoh hukum bacaan 
  waqof dalam Al Qur’an 
·     
  Mempraktikan bacaan  waqof
  dalam Al Qur’an . 
 | 
  
   
Unjuk kerja  
Tes tulis 
Dikte 
 | 
  
   
Uraian 
Rubrik 
Uraian 
Pedoman Dikte 
 | 
  
   
·     
  Jelaskan
  pengertian Waqof 
·     
  Sebutkan
  tanda-tanda Waqof dalam Al-Qur'an.! 
·     
  Bagaimana cara
  membunyikan kalimat yang diwaqofkan apabila berupa sukun.? 
 | 
  
   
1 X TM 
2  jam 
pelajaran 
 | 
  
   
·     
  Buku Teks BTA 
·     
  Buku Tajwid 
·     
  Guru 
·     
  Siswa 
 | 
  
   
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Disiplin 
 | 
 
Standar Kompetensi    :
3. Memahami
kaidah menulis kata dan kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Ajar 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
  
   
Nilai
  Karakter 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
  
   
Contoh
  Instrumen 
 | 
 |||||||
| 
   
3.1. Siswa mampu menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar 
3.2. Siswa mampu menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar 
 | 
  
   
·     
  kaidah menulis kata dan kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan
  benar  
 | 
  
   
·      Siswa membaca dan menelaah
  materi tentang kaidah menulis kata dan kalimat berharokat 
·      Siswa memperhatikan dan menyontoh kata dan kalimat yang
  benar 
·      Imlak  
 | 
  
   
·     
  Menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar 
·     
  Menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar 
·      Menulis bunyi kata dan
  kalimat dengan baik dan benar 
 | 
  
   
Unjuk kerja  
Tes tulis 
Dikte 
 | 
  
   
Uraian 
Rubrik 
Uraian 
Pedoman Dikte 
 | 
  
   
·    
  Tuliskan contoh kata dalam QS.Al – Alaq dengan baik dan benar.!! 
·     Tuliskan contoh kalimat dalam QS.Al
  – Alaq dengan baik dan benar.!! 
 | 
  
   
1 X TM 
2  jam 
pelajaran 
 | 
  
   
·     
  Buku Teks BTA 
·     
  Buku Tajwid 
·     
  Guru 
·     
  Siswa 
 | 
  
   
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Rasa Ingin Tahu 
 | 
 
Standar
Kompetensi    : 4. Membaca dan menghafal
Al Qur’an surat-surat pendek pilihan dengan baik dan benar (Tartil)
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Ajar 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
  
   
Nilai
  Karakter 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
  
   
Contoh
  Instrumen 
 | 
 |||||||
| 
   
4.1.   Membaca Al Qur’an surat-surat
  pendek  
4.2.   Menghafal Al Qur’an
  surat-surat pendek  
 | 
  
   
·     
  Al qur’an
  Surat  
ü  Al - Qodr 
ü  Al- ‘Alaq 
ü  At- Tin 
 | 
  
   
·     
  Siswa membaca Al qur’an Surat : 
üAl – Qodr 
üAl – 'Alaq 
üAt – Tin. 
·     
  Siswa menghafalkan surat : 
üAl – Qodr 
üAl – 'Alaq 
üAt – Tin  
 | 
  
   
1.       
  Membaca Surat-surat pendek dengan baik dan benar (tartil) 
2.       
  Menghafal Surat-surat pendek dengan baik dan benar (tartil) 
1.      
  Mengartikan Surat-surat pendek dengan baik dan benar 
2.      
  Menyalin Surat-surat pendek dengan baik dan benar 
 | 
  
   
·     
  Unjuk kerja 
·     
  Unjuk kerja 
 | 
  
   
·     
  Rubrik 
·     
  Rubrik 
 | 
  
   
·     
  Bacalah QS Al – 'Alaq dengan baik
  dan benar secara tartil 
·     
  Hafalkan QS. At – Tin  
 | 
  
   
1 X TM 
2  jam 
pelajaran 
 | 
  
   
·     
  Juz Amma 
·     
  Buku Tajwid 
·     
  Guru 
·     
  Tape/VCD 
 | 
  
   
·     
  Gemar membaca 
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Tanggung Jawab 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   
Guru Mata Pelajaran 
NASRULLAH, M.Pd I 
NIP. 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
 
terimakasih, sangat membantu.....
BalasHapusterima kasih, sangat membantu. Kunjungi juga Pengertian Puisi
BalasHapusSemester 1 ny dong 😊
BalasHapusmakaseeeeehhh :-)
BalasHapusterima kasih
BalasHapus