SILABUS MULOK BACA TULIS
AL-QUR’AN
Sekolah                       :  SMK NEGERI I KLABANG
Kelas/Semester            :  X / II
Mata
Pelajaran            :  Baca Tulis Al-Qur’an
(BTQ)
Jumlah Pertemuan       :  18 x Tatap muka (36 Jam Pelajaran)
Standar Kompetensi    :
5. Memahami dan Menerapkan Hukum Bacaan Mim Mati / Sukun
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Ajar 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
  
   
Nilai
  Karakter 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
  
   
Contoh
  Instrumen 
 | 
 |||||||
| 
   
5.1.  
  Menunjukkan
  dan Menjelaskan hukum bacaan Mim mati /Sukun 
5.2.  
  Membedakan
  hukum bacaan Mim maati /Sukun 
5.3.  
  Menerapkan
  hukum baca Mim mati /Sukun dalam bacaan surat-surat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·      Hukum bacaan Mim mati /Tanwin 
 | 
  
   
·      Siswa membaca dan menelaah
  materi tentang hukum bacaan Mim mati / Sukun 
·     
  Siswa mendiskusikan materi tentang hukum bacaan Mim mati / sukun 
·     
  Siswa mempraktekkan materi tentang hukum bacaan Mim mati / sukun dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an 
 | 
  
   
·     
  Menunjukkkan dan Menjelaskan hukum bacaan 
  Mim mati/ sukun bila bertemu dengan huruf 
   - Mim ( Idghom mimi ). 
   - Bak  
  ( Ikhfak safawi ) 
   - Selain 
  huruf Mim dan Bak (Idhar safawi ) 
·     
  Memberi contoh kalimat yang mengandung  bacaan  
- Mim ( Idghom mimi) 
- Bak   (
  Ikhfak safaw)i 
   - Selain 
  huruf Mim dan Bak (Idhar safawi) 
·     
  Membedakan hukum bacaan Mim Mati / Sukun 
·     
  Menerapkan hukum bacaan mim mati / sukun dalam bacaan surat-surat
  Al-Qur’an dengan benar. 
 | 
  
   
Tes tulis 
Tugas 
Unjuk kerja 
 | 
  
   
Uraian 
Daftar pertanyaan 
Demonstrasi 
 | 
  
   
Jelaskan hkum bacaan
  ikhfa’ syafawi 
Berilah contoh kalimat
  yang mengandung bacaan Idghom Mimi dari hasil pencarian di Al Qur’an 
Diskusikan dan simpulkan perbedaan hukum bacaan mim mati /
  sukun 
Bacalah QS Asy-Syamsi dengan
  menerapkan hukum bacaan mim mati / sukun dengan benar 
 | 
  
   
3 x TM 
6 jam
  pelajaran 
 | 
  
   
·     
  Buku Teks BTA 
·     
  Buku Tajwid 
·     
  Guru 
·     
  Siswa 
 | 
  
   
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Kreatif 
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Tanggung Jawab 
 | 
 
Standar Kompetensi    :
6. Memahami dan Menerapkan Hukum Bacaan Mim dan Nun Tasydid
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Ajar 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
  
   
Nilai
  Karakter 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
  
   
Contoh
  Instrumen 
 | 
 |||||||
| 
   
6.1.  
  Menunjukkan
  dan Menjelaskan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid 
6.2.  
  Membedakan
  hukum bacaan Mim dan
  Nun  Tasydid 
6.3.  
  Menerapkan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dalam bacaan
  surat-surat Al Qur’an. 
 | 
  
   
·     
  Hukum bacaan Mim dan Nun  Tasydid 
 | 
  
   
·      Siswa membaca dan menelaah
  materi tentang hukum bacaan Mim dan Nun  Tasydid 
·     
  Siswa mendiskusikan materi tentang hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid 
·     
  Siswa mempraktekkan materi tentang hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an 
 | 
  
   
·     
  Menunjukkkan dan Menjelaskan hukum bacaan  Mim dan Nun  Tasydid  
·     
  Memberi contoh kalimat yang mengandung  bacaan Mim dan Nun Tasydid  
·     
  Membedakan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid 
·     
  Menerapkan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar. 
 | 
  
   
Tes tulis 
Tugas 
Unjuk kerja 
 | 
  
   
Uraian 
Daftar pertanyaan 
Demonstrasi 
 | 
  
   
Jelaskan hkum bacaan Mim dan Nun Tasydid 
Berilah contoh kalimat
  yang mengandung bacaan Mim dan Nun Tasydid dari
  hasil pencarian di Al Qur’an 
Diskusikan dan simpulkan perbedaan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid  
Bacalah QS Al-Lail dengan
  menerapkan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dengan benar 
 | 
  
   
2 x TM 
4 jam pelajaran 
 | 
  
   
·     
  Buku Teks BTA 
·     
  Buku Tajwid 
·     
  Guru 
·     
  Siswa 
 | 
  
   
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Kreatif  
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Tanggung Jawab 
 | 
 
Standar Kompetensi    :
7. Memahami Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
Materi Ajar 
 | 
  
   
Kegiatan Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
Sumber Belajar 
 | 
  
   
Nilai Karakter 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk Instrumen 
 | 
  
   
Contoh Instrumen 
 | 
 |||||||
| 
   
7.1.  
  Menunjukkan dan Menjelaskan Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah. 
7.2.  
  Membedakan Hukum Bacaan
  Lam ta’rif (Al) / Idhar Qomariyah 
7.3.  
  Mempraktekkan Hukum
  Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah dalam surat-surat Al-Qur’an. 
 | 
  
   
·     
  Hukum Bacaan
  Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah. 
 | 
  
   
·     
  Siswa membaca dan menelaah materi tentang Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan
  Idhar Qomariyah. 
·     
  Siswa diskusi tentang Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah. 
·     
  Siswa mempraktekan Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.  
 | 
  
   
Siswa dapat 
  : 
·  
  Menjelaskan pengertian Idghom Syamsiyah  
·  
  Menjelaskan hukum bacaan Idghom Syamsiyah 
·  
  Menyebutkan huruf Idghom Syamsiyah 
·  
  Menjelaskan pengertian Idzhar Qomariyah  
·  
  Menjelaskan hukum bacaan Idzhar Qomariyah 
·  
  Menyebutkan huruf Idzhar Qomariyah 
·  
   Menunjukkan
  pengertian Idghom Syamsiyah  
·  
  Menunjukkan hukum
  bacaan Idghom Syamsiyah 
·  
  Menunjukkan huruf
  Idghom Syamsiyah 
·  
  Menunjukkan
  pengertian Idzhar Qomariyah  
·  
  Menunjukkan hukum
  bacaan Idzhar Qomariyah 
·  
  Menunjukkan huruf
  Idzhar Qomariyah  
·  
  Membandingkan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan  Al Qomariyah. 
·  
  Membedakan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan  Idzhar  Qomariyah. 
·  
  Mempraktekkan bacaan Idghom Syamsiyah dalam bacaan surat surat
  al-Qur’an dengan benar 
·  
  Menerapkan bacaan Izdhar Qomariyah . dalam bacaan surat surat
  al-Qur’an dengan benar 
 | 
  
   
·     
  Tes tulis 
·     
  Tanya jawab 
·     
  Tugas kelompok 
·     
  Unjuk kerja 
 | 
  
   
·     
  Jawaban Singkat 
·     
  Jawaban Singkat 
·     
  Performance 
·     
  Rubrik 
 | 
  
   
·     
  Jelaskan
  pengertian Idghom Syamsiyah ! 
·     
  Sebutkan huruf
  syamsiyah! 
·     
  Jelaskan
  pengertian Idhar Qomariyah! 
·     
  Bandingkan dan
  bedakan bacaan Idghom Syamsiyah dan  Al
  Qomariyah 
·     
  Bacalah surat
  an-Naas dan al-Falaq dengan benar 
·     
  Bacalah Qs Al
  Kafirun 
 | 
  
   
4 x TM 
8 jam pelajaran 
 | 
  
   
·     
  Buku Teks BTA 
·     
  Buku Tajwid 
·     
  Guru 
·     
  Siswa 
·     
  Tape/VCD 
 | 
  
   
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Disiplin 
·     
  Tanggung Jawab 
 | 
 
Standar Kompetensi    :
8. Memahami kaidah menulis kata dan kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan
benar
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Ajar 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
  
   
Nilai
  Karakter 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
  
   
Contoh
  Instrumen 
 | 
 |||||||
| 
   
9.1.  
  Siswa mampu
  menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar 
9.2.  
  Siswa mampu
  menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar 
 | 
  
   
·     
  Kaidah menulis kata
  dan kalimat dengan baik dan benar 
 | 
  
   
·     
  Siswa membaca dan menelaah materi tentang kaidah menulis kata dan kalimat berharokat 
·     
  Siswa memperhatikan dan menyontoh kata dan kalimat yang benar 
·     
  Imlak 
 | 
  
   
·     
  Menjelaskan kaidah kata dan kalimat dengan baik dan benar 
·     
  Menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar 
·     
  Menulis bunyi kata dan kalimat yang diperdengarkan 
 | 
  
   
Unjuk kerja 
Tes tulis 
Dikte 
 | 
  
   
Uraian 
Rubrik 
Uraian 
Pedoman dikte 
 | 
  
   
Jelaskan kaidah
  menulis kata dan kalimat! 
Tulislah kata dan
  kalimat yang berbunyi ”pada surat Al-Quraisy” 
Jelaskan kaidah
  menulis huruf Al Qur’an bersambung berharokat! 
 | 
  
   
3 x TM 
6 jam pelajaran 
 | 
  
   
·      Buku Teks BTA 
·      Teknik menulis huruf hijaiyah 
·      Guru 
·      Buku Teks BTA 
·      Teknik menulis huruf hijaiyah 
·      Guru 
 | 
  
   
·      Tanggung Jawab 
·      Tanggung Jawab 
·      Rasa Ingin Tahu 
 | 
 
Standar Kompetensi    :
9. Membaca dan menghafal Al Qur’an Surat-surat pendek pilihan dengan baik dan
benar (Tartil)
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Ajar 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
  
   
Indikator
  Pencapaian Kompetensi 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
  
   
Nilai
  Karakter 
 | 
 ||
| 
   
Teknik 
 | 
  
   
Bentuk
  Instrumen 
 | 
  
   
Contoh
  Instrumen 
 | 
 |||||||
| 
   
8.1.   Membaca Al Qur’an surat-surat
  pendek  
8.2.   Menghafal Al Qur’an
  surat-surat pendek  
 | 
  
   
·     
  Al qur’an
  Surat: 
ü Al-Ma’un 
ü Al-Quraisy 
ü Al-Fiil 
ü AL-Humazah 
ü Al-‘Ashr 
ü At-Takatsur 
ü Al-Qari’ah 
 | 
  
   
·     
  Siswa membaca Al qur’an Surat : 
ü Al-Ma’un 
ü Al-Quraisy 
ü Al-Fiil 
ü AL-Humazah 
ü Al-‘Ashr 
ü At-Takatsur 
ü Al-Qari’ah 
·     
  Siswa menghafalkan surat : 
ü Al-Ma’un 
ü Al-Quraisy 
ü Al-Fiil 
ü AL-Humazah 
ü Al-‘Ashr 
ü At-Takatsur 
ü Al-Qari’ah 
 | 
  
   
1.       
  Membaca Surat –surat pendek dengan baik dan benar 
2.       
  Menghafal Surat –surat pendek dengan baik dan benar  
1.       
  mengartikan Surat – surat pendek dengan baik dan benar 
2.       
  menyalin – surat pendek dengan baik dan benar 
 | 
  
   
·     
  Unjuk kerja 
·     
  Unjuk kerja 
 | 
  
   
·     
  Rubrik 
·     
  Rubrik 
 | 
  
   
·     
  Bacalah QS At-Takatsur dengan baik dan benar secara
  tartil 
·     
  Hafalkan QS Al-Humazah 
 | 
  
   
3 x TM 
6 jam pelajaran 
 | 
  
   
·     
  Juz Amma 
·     
  Buku Tajwid 
·     
  Guru 
·     
  Tape/VCD 
 | 
  
   
·     
  Gemar membaca 
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Tanggung Jawab 
·     
  Tanggung Jawab 
 | 
 
| 
   | 
  
   
Guru Mata Pelajaran 
NASRULLAH, M.Pd I 
NIP. 
 | 
 |
| 
   | 
  
   | 
  
   | 
 
tampilan lebih ok, jika ditata ulang,mas bro
BalasHapusboleh saya minta silabus dan rpp?
BalasHapusBOLEH SAYA INI MAU COPAS SILABUSNYA UNTUK RUJUKAN SAYA
BalasHapusAssalamualaikum Wr ab. Ijin untuk mng Copy pak Ustadz, semoga berkah
BalasHapus