RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN :
SMK NEGERI 1 KLABANG
MATA PELAJARAN :
BTQ
KELAS / SEMESTER :
X / 2
ALOKASI WAKTU :4
x 45 menit (2 Pertemuan)
A. STANDAR
KOMPETENSI
Memahami dan Menerapkan Hukum Bacaan Mim dan Nun
Tasydid
B. KOMPETENSI DASAR :
Menjelaskan, membedakan dan menerapkan hukum bacaan
Mim dan Nun Tasydid
C. INDIKATOR
1. Menunjukkkan dan Menjelaskan hukum bacaan Mim dan Nun
Tasydid
2. Memberi contoh kalimat yang mengandung bacaan Mim dan Nun Tasydid
3. Membedakan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid
4.
Menerapkan hukum bacaan Mim dan Nun
Tasydid dalam bacaan
surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu Menunjukkkan dan Menjelaskan hukum bacaan Mim dan Nun
Tasydid
2. Siswa mampu Memberi contoh kalimat yang mengandung bacaan Mim dan Nun Tasydid
3. Membedakan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid
4. Siswa mampu Menerapkan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
E. MATERI PEMBELAJARAN.
Hukum bacaan Mim dan
Nun Tasydid
F. METODE
PAMBELAJARAN
1.
Apersepsi
2.
Demonstrasi
3.
Eksplorasi
4.
Diskusi
5.
Penugasan
G. SKENARIO PEMBELAJARAN.
PERTEMUAN
KE 1
|
Konsep : Menunjukkkan dan Menjelaskan hukum bacaan Mim dan Nun
Tasydid
Memberi contoh kalimat yang mengandung
bacaan Mim dan Nun Tasydid
No
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1
|
Pendahuluan
1.
Salam Pembuka
2.
Guru mmberi appersepsi materi
yang akan diajarkan dan menjelaskan
kompetensi yang harus di kuasai siswa
3.
Memberikan dorongan untuk
memahami Al-Qur’an sebagai petunjuk dalam kehidupan.
|
15 menit
|
Motivasi
Apersepsi
|
2
|
Kegiatan
Inti
Tadarus surah al-qur’an
Guru menjelaskan materi tentang hukum bacaan Mim dan Nun
Tasydid
Guru Memberi contoh kalimat yang mengandung bacaan Mim dan Nun Tasydid
|
60 menit
|
Eksplorasi
Tanya jawab
|
3
|
Penutup.
1. Guru bertanya tentang materi yang telah di sampaikan
2. Guru memberi penguatan materi yang telah disampaikan
3.
Guru menginformasikan materi
yang akan datang Yaitu Membedakan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid
|
15 Menit
|
Refleksi
|
|
Konsep : Membedakan hukum bacaan Mim dan Nun
Tasydid
Menerapkan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
No
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1
|
Pendahuluan
1. Salam Pembuka
2. Guru memberi appersepsi materi yang akan
diajarkan dan menjelaskan kompetensi
yang harus di kuasai siswa
3. Guru menanyakan tentang materi yang telah
diajarkan sebelumnya
|
15 menit
|
Motivasi
Apersepsi
|
2
|
Kegiatan Inti
Tadarus al-qurán
Siswa
mendiskusikan materi tentang hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid
Siswa
mempraktekkan materi tentang hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
|
60 menit
|
Diskusi
Praktek
penugasan
|
3
|
Penutup.
1. Guru bertanya tentang materi yang
telah di sampaikan
2. Guru memberi penguatan materi yang
telah disampaikan
3. Guru menginformasikan materi yang akan datang Yaitu Siswa Memahami Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) /
Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah
|
15 Menit
|
Refleksi
|
H. MEDIA / SUMBER.
1.
Al-Qur’an
2.
Ilmu tajwid
3.
Modul BTQ
I.
PENILAIAN
Instrumen
penilaian : uraian
Bobot
penlaian : 100
Soal uraian
1.
Ghunnah secara bahasa adalah?
2.
Jelaskan pengertian ghunnah
secara istilah?
3.
Berapa panjang bacaan ghunnah?
4.
Sebutkan 3 contoh bacan mim tasydid?
5.
Sebutkan 3 contoh bacan nun tasydid?
Kunci Jawaban
1.
Dengung/sengau
2.
Suara yang jelas yang keluar
dari pangkal hidung dan tidak menggunkan lidah pada waktu mengucapkannya
3.
Dua sampai tiga harokat
4.
5.
Bondowoso, 05 Januari 2015
|
Guru Mata Pelajaran BTQ
NASRULLAH, M.Pd.I
NIP. -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar