SILABUS MULOK BACA TULIS
AL-QUR’AN
Sekolah : SMK NEGERI I KLABANG
Kelas/Semester : X / II
Mata
Pelajaran : Baca Tulis Al-Qur’an
(BTQ)
Jumlah Pertemuan : 18 x Tatap muka (36 Jam Pelajaran)
Standar Kompetensi :
5. Memahami dan Menerapkan Hukum Bacaan Mim Mati / Sukun
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
5.1.
Menunjukkan
dan Menjelaskan hukum bacaan Mim mati /Sukun
5.2.
Membedakan
hukum bacaan Mim maati /Sukun
5.3.
Menerapkan
hukum baca Mim mati /Sukun dalam bacaan surat-surat Al Qur’an.
|
· Hukum bacaan Mim mati /Tanwin
|
· Siswa membaca dan menelaah
materi tentang hukum bacaan Mim mati / Sukun
·
Siswa mendiskusikan materi tentang hukum bacaan Mim mati / sukun
·
Siswa mempraktekkan materi tentang hukum bacaan Mim mati / sukun dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
|
·
Menunjukkkan dan Menjelaskan hukum bacaan
Mim mati/ sukun bila bertemu dengan huruf
- Mim ( Idghom mimi ).
- Bak
( Ikhfak safawi )
- Selain
huruf Mim dan Bak (Idhar safawi )
·
Memberi contoh kalimat yang mengandung bacaan
- Mim ( Idghom mimi)
- Bak (
Ikhfak safaw)i
- Selain
huruf Mim dan Bak (Idhar safawi)
·
Membedakan hukum bacaan Mim Mati / Sukun
·
Menerapkan hukum bacaan mim mati / sukun dalam bacaan surat-surat
Al-Qur’an dengan benar.
|
Tes tulis
Tugas
Unjuk kerja
|
Uraian
Daftar pertanyaan
Demonstrasi
|
Jelaskan hkum bacaan
ikhfa’ syafawi
Berilah contoh kalimat
yang mengandung bacaan Idghom Mimi dari hasil pencarian di Al Qur’an
Diskusikan dan simpulkan perbedaan hukum bacaan mim mati /
sukun
Bacalah QS Asy-Syamsi dengan
menerapkan hukum bacaan mim mati / sukun dengan benar
|
3 x TM
6 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Guru
·
Siswa
|
·
Tanggung Jawab
·
Kreatif
·
Tanggung Jawab
·
Tanggung Jawab
|
Standar Kompetensi :
6. Memahami dan Menerapkan Hukum Bacaan Mim dan Nun Tasydid
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
6.1.
Menunjukkan
dan Menjelaskan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid
6.2.
Membedakan
hukum bacaan Mim dan
Nun Tasydid
6.3.
Menerapkan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dalam bacaan
surat-surat Al Qur’an.
|
·
Hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid
|
· Siswa membaca dan menelaah
materi tentang hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid
·
Siswa mendiskusikan materi tentang hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid
·
Siswa mempraktekkan materi tentang hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
|
·
Menunjukkkan dan Menjelaskan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid
·
Memberi contoh kalimat yang mengandung bacaan Mim dan Nun Tasydid
·
Membedakan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid
·
Menerapkan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
|
Tes tulis
Tugas
Unjuk kerja
|
Uraian
Daftar pertanyaan
Demonstrasi
|
Jelaskan hkum bacaan Mim dan Nun Tasydid
Berilah contoh kalimat
yang mengandung bacaan Mim dan Nun Tasydid dari
hasil pencarian di Al Qur’an
Diskusikan dan simpulkan perbedaan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid
Bacalah QS Al-Lail dengan
menerapkan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dengan benar
|
2 x TM
4 jam pelajaran
|
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Guru
·
Siswa
|
·
Tanggung Jawab
·
Kreatif
·
Tanggung Jawab
·
Tanggung Jawab
|
Standar Kompetensi :
7. Memahami Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah
Kompetensi Dasar
|
Materi Ajar
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Nilai Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
7.1.
Menunjukkan dan Menjelaskan Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah.
7.2.
Membedakan Hukum Bacaan
Lam ta’rif (Al) / Idhar Qomariyah
7.3.
Mempraktekkan Hukum
Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah dalam surat-surat Al-Qur’an.
|
·
Hukum Bacaan
Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.
|
·
Siswa membaca dan menelaah materi tentang Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan
Idhar Qomariyah.
·
Siswa diskusi tentang Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.
·
Siswa mempraktekan Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.
|
Siswa dapat
:
·
Menjelaskan pengertian Idghom Syamsiyah
·
Menjelaskan hukum bacaan Idghom Syamsiyah
·
Menyebutkan huruf Idghom Syamsiyah
·
Menjelaskan pengertian Idzhar Qomariyah
·
Menjelaskan hukum bacaan Idzhar Qomariyah
·
Menyebutkan huruf Idzhar Qomariyah
·
Menunjukkan
pengertian Idghom Syamsiyah
·
Menunjukkan hukum
bacaan Idghom Syamsiyah
·
Menunjukkan huruf
Idghom Syamsiyah
·
Menunjukkan
pengertian Idzhar Qomariyah
·
Menunjukkan hukum
bacaan Idzhar Qomariyah
·
Menunjukkan huruf
Idzhar Qomariyah
·
Membandingkan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan Al Qomariyah.
·
Membedakan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan Idzhar Qomariyah.
·
Mempraktekkan bacaan Idghom Syamsiyah dalam bacaan surat surat
al-Qur’an dengan benar
·
Menerapkan bacaan Izdhar Qomariyah . dalam bacaan surat surat
al-Qur’an dengan benar
|
·
Tes tulis
·
Tanya jawab
·
Tugas kelompok
·
Unjuk kerja
|
·
Jawaban Singkat
·
Jawaban Singkat
·
Performance
·
Rubrik
|
·
Jelaskan
pengertian Idghom Syamsiyah !
·
Sebutkan huruf
syamsiyah!
·
Jelaskan
pengertian Idhar Qomariyah!
·
Bandingkan dan
bedakan bacaan Idghom Syamsiyah dan Al
Qomariyah
·
Bacalah surat
an-Naas dan al-Falaq dengan benar
·
Bacalah Qs Al
Kafirun
|
4 x TM
8 jam pelajaran
|
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Guru
·
Siswa
·
Tape/VCD
|
·
Tanggung Jawab
·
Tanggung Jawab
·
Tanggung Jawab
·
Disiplin
·
Tanggung Jawab
|
Standar Kompetensi :
8. Memahami kaidah menulis kata dan kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan
benar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
9.1.
Siswa mampu
menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
9.2.
Siswa mampu
menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
|
·
Kaidah menulis kata
dan kalimat dengan baik dan benar
|
·
Siswa membaca dan menelaah materi tentang kaidah menulis kata dan kalimat berharokat
·
Siswa memperhatikan dan menyontoh kata dan kalimat yang benar
·
Imlak
|
·
Menjelaskan kaidah kata dan kalimat dengan baik dan benar
·
Menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
·
Menulis bunyi kata dan kalimat yang diperdengarkan
|
Unjuk kerja
Tes tulis
Dikte
|
Uraian
Rubrik
Uraian
Pedoman dikte
|
Jelaskan kaidah
menulis kata dan kalimat!
Tulislah kata dan
kalimat yang berbunyi ”pada surat Al-Quraisy”
Jelaskan kaidah
menulis huruf Al Qur’an bersambung berharokat!
|
3 x TM
6 jam pelajaran
|
· Buku Teks BTA
· Teknik menulis huruf hijaiyah
· Guru
· Buku Teks BTA
· Teknik menulis huruf hijaiyah
· Guru
|
· Tanggung Jawab
· Tanggung Jawab
· Rasa Ingin Tahu
|
Standar Kompetensi :
9. Membaca dan menghafal Al Qur’an Surat-surat pendek pilihan dengan baik dan
benar (Tartil)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
8.1. Membaca Al Qur’an surat-surat
pendek
8.2. Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek
|
·
Al qur’an
Surat:
ü Al-Ma’un
ü Al-Quraisy
ü Al-Fiil
ü AL-Humazah
ü Al-‘Ashr
ü At-Takatsur
ü Al-Qari’ah
|
·
Siswa membaca Al qur’an Surat :
ü Al-Ma’un
ü Al-Quraisy
ü Al-Fiil
ü AL-Humazah
ü Al-‘Ashr
ü At-Takatsur
ü Al-Qari’ah
·
Siswa menghafalkan surat :
ü Al-Ma’un
ü Al-Quraisy
ü Al-Fiil
ü AL-Humazah
ü Al-‘Ashr
ü At-Takatsur
ü Al-Qari’ah
|
1.
Membaca Surat –surat pendek dengan baik dan benar
2.
Menghafal Surat –surat pendek dengan baik dan benar
1.
mengartikan Surat – surat pendek dengan baik dan benar
2.
menyalin – surat pendek dengan baik dan benar
|
·
Unjuk kerja
·
Unjuk kerja
|
·
Rubrik
·
Rubrik
|
·
Bacalah QS At-Takatsur dengan baik dan benar secara
tartil
·
Hafalkan QS Al-Humazah
|
3 x TM
6 jam pelajaran
|
·
Juz Amma
·
Buku Tajwid
·
Guru
·
Tape/VCD
|
·
Gemar membaca
·
Tanggung Jawab
·
Tanggung Jawab
·
Tanggung Jawab
|
|
Guru Mata Pelajaran
NASRULLAH, M.Pd I
NIP.
|
|
|
|
|
tampilan lebih ok, jika ditata ulang,mas bro
BalasHapusboleh saya minta silabus dan rpp?
BalasHapusBOLEH SAYA INI MAU COPAS SILABUSNYA UNTUK RUJUKAN SAYA
BalasHapusAssalamualaikum Wr ab. Ijin untuk mng Copy pak Ustadz, semoga berkah
BalasHapus