Senin, 16 Maret 2015

SILABUS MULOK BACA TULIS AL-QUR’AN

SILABUS MULOK BACA TULIS AL-QUR’AN

Sekolah                       :  SMK NEGERI I KLABANG
Kelas/Semester            :  X / II
Mata Pelajaran            :  Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)
Jumlah Pertemuan       :  18 x Tatap muka (36 Jam Pelajaran)

Standar Kompetensi    : 5. Memahami dan Menerapkan Hukum Bacaan Mim Mati / Sukun
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
5.1.   Menunjukkan dan Menjelaskan hukum bacaan Mim mati /Sukun














5.2.   Membedakan hukum bacaan Mim maati /Sukun


5.3.   Menerapkan hukum baca Mim mati /Sukun dalam bacaan surat-surat Al Qur’an.
·      Hukum bacaan Mim mati /Tanwin

·      Siswa membaca dan menelaah materi tentang hukum bacaan Mim mati / Sukun













·      Siswa mendiskusikan materi tentang hukum bacaan Mim mati / sukun

·      Siswa mempraktekkan materi tentang hukum bacaan Mim mati / sukun dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an

·      Menunjukkkan dan Menjelaskan hukum bacaan  Mim mati/ sukun bila bertemu dengan huruf
   - Mim ( Idghom mimi ).
   - Bak   ( Ikhfak safawi )
   - Selain  huruf Mim dan Bak (Idhar safawi )

·      Memberi contoh kalimat yang mengandung  bacaan
- Mim ( Idghom mimi)
- Bak   ( Ikhfak safaw)i
   - Selain  huruf Mim dan Bak (Idhar safawi)



·      Membedakan hukum bacaan Mim Mati / Sukun


·      Menerapkan hukum bacaan mim mati / sukun dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Tes tulis







Tugas








Unjuk kerja
Uraian







Daftar pertanyaan







Demonstrasi
Jelaskan hkum bacaan ikhfa’ syafawi






Berilah contoh kalimat yang mengandung bacaan Idghom Mimi dari hasil pencarian di Al Qur’an




Diskusikan dan simpulkan perbedaan hukum bacaan mim mati / sukun


Bacalah QS Asy-Syamsi dengan menerapkan hukum bacaan mim mati / sukun dengan benar
3 x TM
6 jam pelajaran







·      Buku Teks BTA
·      Buku Tajwid
·      Guru
·      Siswa




·      Tanggung Jawab







·      Kreatif








·      Tanggung Jawab


·      Tanggung Jawab

Standar Kompetensi    : 6. Memahami dan Menerapkan Hukum Bacaan Mim dan Nun Tasydid
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
6.1.   Menunjukkan dan Menjelaskan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid










6.2.   Membedakan hukum bacaan Mim dan Nun  Tasydid


6.3.   Menerapkan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dalam bacaan surat-surat Al Qur’an.
·      Hukum bacaan Mim dan Nun  Tasydid

·      Siswa membaca dan menelaah materi tentang hukum bacaan Mim dan Nun  Tasydid










·      Siswa mendiskusikan materi tentang hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid

·      Siswa mempraktekkan materi tentang hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an

·      Menunjukkkan dan Menjelaskan hukum bacaan  Mim dan Nun  Tasydid

·      Memberi contoh kalimat yang mengandung  bacaan Mim dan Nun Tasydid







·      Membedakan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid



·      Menerapkan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
Tes tulis



Tugas









Unjuk kerja
Uraian



Daftar pertanyaan








Demonstrasi
Jelaskan hkum bacaan Mim dan Nun Tasydid

Berilah contoh kalimat yang mengandung bacaan Mim dan Nun Tasydid dari hasil pencarian di Al Qur’an





Diskusikan dan simpulkan perbedaan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid

Bacalah QS Al-Lail dengan menerapkan hukum bacaan Mim dan Nun Tasydid dengan benar
2 x TM
4 jam pelajaran







·      Buku Teks BTA
·      Buku Tajwid
·      Guru
·      Siswa




·      Tanggung Jawab


·      Kreatif








·      Tanggung Jawab




·      Tanggung Jawab


Standar Kompetensi    : 7. Memahami Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1.   Menunjukkan dan Menjelaskan Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah.


















7.2.   Membedakan Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idhar Qomariyah



7.3.   Mempraktekkan Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah dalam surat-surat Al-Qur’an.
·      Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.

·      Siswa membaca dan menelaah materi tentang Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.


















·      Siswa diskusi tentang Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.



·      Siswa mempraktekan Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.

Siswa dapat  :
·   Menjelaskan pengertian Idghom Syamsiyah
·   Menjelaskan hukum bacaan Idghom Syamsiyah
·   Menyebutkan huruf Idghom Syamsiyah
·   Menjelaskan pengertian Idzhar Qomariyah
·   Menjelaskan hukum bacaan Idzhar Qomariyah
·   Menyebutkan huruf Idzhar Qomariyah
·    Menunjukkan pengertian Idghom Syamsiyah
·   Menunjukkan hukum bacaan Idghom Syamsiyah
·   Menunjukkan huruf Idghom Syamsiyah
·   Menunjukkan pengertian Idzhar Qomariyah
·   Menunjukkan hukum bacaan Idzhar Qomariyah
·   Menunjukkan huruf Idzhar Qomariyah

·   Membandingkan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan  Al Qomariyah.
·   Membedakan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan  Idzhar  Qomariyah.

·   Mempraktekkan bacaan Idghom Syamsiyah dalam bacaan surat surat al-Qur’an dengan benar
·   Menerapkan bacaan Izdhar Qomariyah . dalam bacaan surat surat al-Qur’an dengan benar
·      Tes tulis


·      Tanya jawab


















·      Tugas kelompok




·      Unjuk kerja

·      Jawaban Singkat

·      Jawaban Singkat

















·      Performance






·      Rubrik

·      Jelaskan pengertian Idghom Syamsiyah !

·      Sebutkan huruf syamsiyah!

·      Jelaskan pengertian Idhar Qomariyah!










·      Bandingkan dan bedakan bacaan Idghom Syamsiyah dan  Al Qomariyah

·      Bacalah surat an-Naas dan al-Falaq dengan benar

·      Bacalah Qs Al Kafirun
4 x TM
8 jam pelajaran
·      Buku Teks BTA
·      Buku Tajwid
·      Guru
·      Siswa
·      Tape/VCD
·      Tanggung Jawab
























·      Tanggung Jawab

·      Tanggung Jawab

·      Disiplin


·      Tanggung Jawab

Standar Kompetensi    : 8. Memahami kaidah menulis kata dan kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
9.1.   Siswa mampu menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar


9.2.   Siswa mampu menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar

·      Kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar





·      Siswa membaca dan menelaah materi tentang kaidah menulis kata dan kalimat berharokat


·      Siswa memperhatikan dan menyontoh kata dan kalimat yang benar


·      Imlak
·      Menjelaskan kaidah kata dan kalimat dengan baik dan benar




·      Menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar


·      Menulis bunyi kata dan kalimat yang diperdengarkan

Unjuk kerja






Tes tulis




Dikte

Uraian


Rubrik



Uraian




Pedoman dikte



Jelaskan kaidah menulis kata dan kalimat!




Tulislah kata dan kalimat yang berbunyi ”pada surat Al-Quraisy”


Jelaskan kaidah menulis huruf Al Qur’an bersambung berharokat!


3 x TM
6 jam pelajaran

·      Buku Teks BTA
·      Teknik menulis huruf hijaiyah
·      Guru
·      Buku Teks BTA
·      Teknik menulis huruf hijaiyah
·      Guru

·      Tanggung Jawab





·      Tanggung Jawab


·      Rasa Ingin Tahu



Standar Kompetensi    : 9. Membaca dan menghafal Al Qur’an Surat-surat pendek pilihan dengan baik dan benar (Tartil)
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.1.   Membaca Al Qur’an surat-surat pendek










8.2.   Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek


·      Al qur’an Surat:

ü Al-Ma’un
ü Al-Quraisy
ü Al-Fiil
ü AL-Humazah
ü Al-‘Ashr
ü At-Takatsur
ü Al-Qari’ah

·      Siswa membaca Al qur’an Surat :
ü Al-Ma’un
ü Al-Quraisy
ü Al-Fiil
ü AL-Humazah
ü Al-‘Ashr
ü At-Takatsur
ü Al-Qari’ah



·      Siswa menghafalkan surat :
ü Al-Ma’un
ü Al-Quraisy
ü Al-Fiil
ü AL-Humazah
ü Al-‘Ashr
ü At-Takatsur
ü Al-Qari’ah

1.        Membaca Surat –surat pendek dengan baik dan benar
2.        Menghafal Surat –surat pendek dengan baik dan benar








1.        mengartikan Surat – surat pendek dengan baik dan benar
2.        menyalin – surat pendek dengan baik dan benar


·      Unjuk kerja










·      Unjuk kerja
·      Rubrik










·      Rubrik

·      Bacalah QS At-Takatsur dengan baik dan benar secara tartil







·      Hafalkan QS Al-Humazah
3 x TM
6 jam pelajaran
·      Juz Amma
·      Buku Tajwid
·      Guru
·      Tape/VCD
·      Gemar membaca
·      Tanggung Jawab







·      Tanggung Jawab
·      Tanggung Jawab





Guru Mata Pelajaran





NASRULLAH, M.Pd I
NIP.



3 komentar: