RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN :
SMK NEGERI 1 KLABANG
MATA PELAJARAN :
BTQ
KELAS / SEMESTER :
X / 2
ALOKASI WAKTU :
4 x 45 menit (2 Pertemuan)
A. STANDAR
KOMPETENSI
Memahami Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom
Syamsiyah dan Idhar Qomariyah
B. KOMPETENSI DASAR :
Menunjukkan dan Menjelaskan Hukum Bacaan Lam
ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah.
Membedakan Hukum
Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idhar Qomariyah
C. INDIKATOR
· Menjelaskan pengertian Idghom Syamsiyah
· Menjelaskan hukum bacaan Idghom Syamsiyah
· Menyebutkan huruf Idghom Syamsiyah
· Menjelaskan pengertian Idzhar Qomariyah
· Menjelaskan hukum bacaan Idzhar Qomariyah
· Menyebutkan huruf Idzhar Qomariyah
· Menunjukkan pengertian Idghom Syamsiyah
· Menunjukkan hukum bacaan Idghom Syamsiyah
· Menunjukkan huruf Idghom Syamsiyah
· Menunjukkan pengertian Idzhar Qomariyah
· Menunjukkan hukum bacaan Idzhar Qomariyah
· Menunjukkan huruf Idzhar Qomariyah
· Membandingkan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan Al Qomariyah.
· Membedakan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan Idzhar
Qomariyah.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa mampu Menjelaskan pengertian Idghom Syamsiyah
2.
Siswa mampu Menjelaskan hukum bacaan Idghom Syamsiyah
3.
Siswa mampu Menyebutkan huruf Idghom Syamsiyah
4.
Siswa mampu Menjelaskan pengertian Idzhar Qomariyah
5.
Siswa mampu Menjelaskan hukum bacaan Idzhar
Qomariyah
6.
Siswa mampu Menyebutkan huruf Idzhar Qomariyah
7.
Siswa mampu Menunjukkan pengertian Idghom Syamsiyah
8.
Siswa mampu Menunjukkan hukum bacaan Idghom
Syamsiyah
9.
Siswa mampu Menunjukkan huruf Idghom Syamsiyah
10. Siswa mampu
Menunjukkan pengertian Idzhar Qomariyah
11. Siswa mampu
Menunjukkan hukum bacaan Idzhar Qomariyah
12. Siswa mampu
Menunjukkan huruf Idzhar Qomariyah
13. Siswa mampu
Membandingkan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan
Al Qomariyah.
14. Siswa mampu
Membedakan hukum bacaan Idghom Syamsiyah dan
Idzhar Qomariyah.
E. MATERI PEMBELAJARAN.
Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.
F. METODE
PAMBELAJARAN
1. Apersepsi
2. Demonstrasi
3. Eksplorasi
4. Diskusi
5. Penugasan
G. SKENARIO PEMBELAJARAN.
PERTEMUAN
KE 1
|
Konsep : Menunjukkan dan
Menjelaskan Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah.
Membedakan Hukum Bacaan
Lam ta’rif (Al) / Idhar Qomariyah
No
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1
|
Pendahuluan
1. Salam Pembuka
2. Guru mmberi appersepsi materi yang akan
diajarkan dan menjelaskan kompetensi
yang harus di kuasai siswa
3. Memberikan dorongan untuk memahami
Al-Qur’an sebagai petunjuk dalam kehidupan.
|
15 menit
|
Motivasi
Apersepsi
|
2
|
Kegiatan
Inti
1.
Guru
menjelaskan materi tentang Hukum
Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.
2.
Siswa
membaca dan menelaah materi tentang Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom
Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.
|
60 menit
|
Eksplorasi
Tanya jawab
|
3
|
Penutup.
1. Guru bertanya tentang materi yang telah
di samBTQkan
2. Guru memberi penguatan materi yang telah
disamBTQkan
3.
Guru menginformasikan materi
yang akan datang Yaitu Siswa
diskusi tentang Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom Syamsiyah dan Idhar
Qomariyah.
|
15 Menit
|
Refleksi
|
|
Konsep: Membedakan hukum bacaan dan menerapkan Mim dan Nun Tasydid
No
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1
|
Pendahuluan
1.
Salam Pembuka
2.
Guru memberi appersepsi
materi yang akan diajarkan dan
menjelaskan kompetensi yang harus di kuasai siswa
3.
Guru menanyakan tentang
materi yang telah diajarkan sebelumnya
|
15 menit
|
Motivasi
Apersepsi
|
2
|
Kegiatan Inti
1.
Guru
memandu untuk tadarus surah al-qur’an
2.
Guru
mengelompokkan siswa menjadi 5 kelompok dan mencari perbedaan hukum bacaan
lam ta’rif, Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.
3.
Siswa
diskusi tentang Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) / Idghom
Syamsiyah dan Idhar Qomariyah.
|
60 menit
|
Diskusi
Praktek
|
3
|
Penutup.
1. Guru bertanya tentang materi yang
telah di samBTQkan
2. Guru memberi penguatan materi yang
telah disamBTQkan
3. Guru menginformasikan materi yang akan datang Yaitu Siswa Memahami Hukum Bacaan Lam ta’rif (Al) /
Idghom Syamsiyah dan Idhar Qomariyah
|
15 Menit
|
Refleksi
|
H. MEDIA / SUMBER.
- Al-Qur’an
- Ilmu tajwid
- Modul BTQ
I.
PENILAIAN
Metode Penilaian : Performa
Bobot penlaian : 100
Instrumen : -
a. Alat Penilaian Performa
Individu
|
Bondowoso, Januari 2015
Guru Mata Pelajaran BTQ
NASRULLAH, M.Pd.I
NIP. -
|
syukronnn
BalasHapus