RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN :
SMK NEGERI 1 KLABANG
MATA PELAJARAN :
BTQ
KELAS / SEMESTER
: X / 2
ALOKASI WAKTU :
6 x 45 menit (3 Pertemuan)
A. STANDAR
KOMPETENSI
Memahami dan Menerapkan Hukum Bacaan Mim Mati / Sukun
B. KOMPETENSI DASAR :
Siswa mampu Menunjukkan, Menjelaskan dan
Membedakan hukum bacaan Mim maati /Sukun
C. INDIKATOR
1. Menunjukkkan
dan Menjelaskan hukum bacaan Mim mati/
sukun bila bertemu dengan huruf
- Mim ( Idghom mimi ).
- Bak ( Ikhfak safawi )
- Selain huruf Mim dan Bak (Idhar safawi )
2. Membedakan hukum
bacaan Mim Mati / Sukun
3. Menerapkan hukum baca Mim mati /Sukun dalam bacaan surat-surat Al
Qur’an.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat Menunjukkkan
dan Menjelaskan hukum bacaan Mim mati/
sukun bila bertemu dengan huruf
- Mim ( Idghom mimi ).
- Bak ( Ikhfak safawi )
- Selain huruf Mim dan Bak (Idhar safawi )
2. Siswa dapat membedakan hukum bacaan Mim
Mati / Sukun
3. Siswa dapat Menerapkan hukum baca Mim mati /Sukun dalam bacaan
surat-surat Al Qur’an.
E. MATERI
PEMBELAJARAN.
Hukum bacaan Mim mati /Tanwin
F. METODE
PAMBELAJARAN
1. Apersepsi
2. Demonstrasi
3. Ceramah
4. Diskusi
5. Penugasan
G. SKENARIO PEMBELAJARAN.
PERTEMUAN
KE 1
|
Konsep : Menunjukkkan dan Menjelaskan hukum
bacaan Mim mati/ sukun bila bertemu
dengan huruf - Mim ( Idghom mimi ), Bak
( Ikhfak safawi ), Selain huruf Mim
dan Bak (Idhar safawi )
No
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1
|
Pendahuluan
1. Salam Pembuka
2. Guru mmberi appersepsi materi yang akan
diajarkan dan menjelaskan kompetensi
yang harus di kuasai siswa
3. Memberikan dorongan untuk memahami
Al-Qur’an sebagai petunjuk dalam kehidupan.
|
15 menit
|
Motivasi
Apersepsi
|
2
|
Kegiatan
Inti
Tadarus al-qur’an
Guru Menunjukkkan dan
Menjelaskan hukum bacaan Mim
mati/ sukun bila bertemu dengan huruf
- Mim ( Idghom mimi ).
- Bak
( Ikhfak safawi )
- Selain
huruf Mim dan Bak (Idhar safawi )
Guru Memberi contoh kalimat yang mengandung bacaan
- Mim ( Idghom mimi)
- Bak ( Ikhfak safawi)
- Selain
huruf Mim dan Bak (Idhar safawi)
|
60 menit
|
Eksplorasi
Demonstrasi
|
3
|
Penutup.
1. Guru bertanya tentang materi yang telah
di sampaikan
2. Guru memberi penguatan materi yang telah
disampaikan
3. Guru menginformasikan materi yang akan
datang Yaitu Mendiskusikan materi tentang hukum bacaan Mim mati / sukun
|
15 Menit
|
Refleksi
|
|
Konsep: Mendiskusikan materi
tentang hukum bacaan Mim mati / sukun
No
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1
|
Pendahuluan
1. Salam Pembuka
2. Guru memberi appersepsi materi yang akan
diajarkan dan menjelaskan kompetensi
yang harus di kuasai siswa
3. Guru menanyakan tentang materi yang telah
diajarkan sebelumnya
|
15 menit
|
Motivasi
Apersepsi
|
2
|
Kegiatan Inti
Tadarus surah al-qur’an
Siswa dibagi 5
kelompok untuk emncari masing-masing perbedaan Mim mati / sukun dalam al-qur’an
Guru meminta hasil dari masing-masing kelompok
|
60 menit
|
Diskusi
Tanya jawab
|
3
|
Penutup.
1. Guru bertanya
tentang materi yang telah di sampaikan
2. Guru memberi
penguatan materi yang telah disampaikan
3. Guru menginformasikan materi yang akan
datang Yaitu Siswa mempraktekkan materi tentang hukum bacaan Mim mati / sukun
dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
|
15 Menit
|
Refleksi
|
|
Konsep : Mendiskusikan materi
tentang hukum bacaan Mim mati / sukun
No
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
METODE
|
1
|
Pendahuluan
1.
Salam
Pembuka
2.
Guru
memberi appersepsi materi yang akan diajarkan dan menjelaskan kompetensi yang harus di kuasai
siswa
3.
Guru
menanyakan tentang materi yang telah diajarkan sebelumnya
|
15 menit
|
Motivasi
Apersepsi
|
2
|
Kegiatan Inti
Tadarus al-qur’an
Siswa mempraktekkan hukum bacaan Mim mati/sukun
bila bertemu dengan huruf - Mim (
Idghom mimi ), Bak ( Ikhfak safawi ),
Selain huruf Mim dan Bak (Idhar safawi
) dalam al-qurán
|
60 menit
|
Praktek
Penugasan
|
3
|
Penutup.
1. Guru bertanya
tentang materi yang telah di sampaikan
2. Guru memberi
penguatan materi yang telah disampaikan
3. Guru menginformasikan materi yang akan
datang Yaitu Memahami dan Menerapkan Hukum Bacaan Mim dan Nun Tasydid
|
15 Menit
|
Refleksi
|
H. MEDIA / SUMBER.
- Al-Qur’an
- Ilmu tajwid
- Modul BTQ
I.
PENILAIAN
Instrumen penilaian : uraian
Bobot penlaian :
100
Soal uraian
- Ikhfak berarti?
- Izhar berarti?
- Syafawi berarti?
- Jelaskan apa yang dinamakan ikhfak syafawi?
- Jelaskan yang dinamakan idghom mimi?
- Jelaskan yang dinamakan izhar syafawi?
- Berikan 4 contoh hokum bacaan ikhfak syafawi?
- Berikan 4 contoh hokum bacaan idghom mimi?
- Berikan 4 contoh hokum bacaan izhar syafawi?
- Berapa panjang bacaan ikhfak syafawi dan idghm
mimi?
Kunci jawaban
- Samar-samar
- Jelas/terang
- Bibir
- Apabila mim sukun bertemu dengan huruf bak
disertai dengung
- Apabila mim sukun bertemu dengan huruf mim
disertai dengung
- Apabila mim sukun bertemu dengan selain huruf bak
dan min dibaca jelas/terang
- 1 alif/dua ketukan
Skor Perolehan
Nilai = X 100
skor maksimal
Bondowoso, 05 Januari 2015
|
|
Guru Mata Pelajaran BTQ
NASRULLAH, M.Pd.I
NIP. -
|
|
|
|
ibu kalau boleh saya minta prota prosem rpp dan silabusnya ?
BalasHapuskelas X dan XI
Ada rpp atau silabus kelas XII kah saudara?
BalasHapus