Senin, 16 Maret 2015

SILABUS MULOK BACA TULIS AL-QUR’AN

SILABUS MULOK BACA TULIS AL-QUR’AN

Sekolah                                   :  SMK NEGERI I KLABANG
Kelas/Semester                        :  XI / Genap
Mata Pelajaran                        :  Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)
Jumlah Pertemuan                   :  5 TM x 2 (10 Jam Pelajaran)

Standar Kompetensi    : 1. Memahami dan Menerapkan Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1.1.        Siswa mampu Menunjukkan Menjelaskan Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’




1.2.        Siswa mampu menerapkan Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’
·     Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’

·     Siswa membaca dan menelaah materi tentang Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’






·     Siswa mendiskusikan materi tentang Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’
·     Siswa mempraktikan Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’ dalam bacaan surat-surat pendek
·     Menunjukkan dan Menjelaskan Hukum Bacaan Qolqolah
·     Menyebutkan macam-macam huruf qolqolah
·     Menjelaskan qolqolah sughro dan qolqolah kubro
·     Membedakan qolqolah sughro dan qolqolah kubro
·     Menjelaskan Hukum Bacaan Lam dan Ro’
·     Menyebutkan macam-macam huruf Isti’lak
·     Menjelaskan bacaan lan dan ro’ tafkhim dan ro’ tarqiq
·     Membedakan lam dan ro’ tafkhim dan lam dan ro’ tarqiq
·     Mempraktikkan pengucapan bacaan qolqolah sughro dan qolqolah kubro
·      Mempraktikkan pengucapan bacaan ro’tafkhim dan ro’ tarqiq
Tes tulis










Tes baca




Tes tulis
Uraian










Demonstrasi
·     Jelaskan hukum bacaan Qolqolah.!
·     Sebutkan macam-macam Lam dan Ro'.!
·     Berilah contoh kalimat yang mengandung bacaan Qolqolah Kubro.!
1 X TM
2  jam
pelajaran
·      Buku Teks BTA
·      Buku Tajwid
·      Guru
·      Siswa

·      Tanggung Jawab














·      Disiplin



Standar Kompetensi    : 2. Memahami Hukum Bacaan Waqof dan menerapkan dalam membaca Al Qur’an dengan baik dan benar
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1.   Menjelaskan hukum bacaan Waqof.


2.2.  Menunjukan hukum bacaan Waqof dalam bacaan surat Al Qur’an



2.3.   Menerapkan hukum bacaan Waqof dalam bcaan surat Al Qur’an
·      Hukum bacaan Waqof
·        Siswa membaca dan menelaah materi tentang Hukum bacaan Waqof

·        Siswa mendiskusikan materi tentang Hukum bacaan Waqof



·        Siswa mempraktikan Hukum bacaan Waqof dalam bacaan surat-surat pendek
·      Menjelaskan pengertian dan hukum bacaan waqof.
·      Menyebutkan macam-macam bacaan .waqof dan cara membacanya.
·      Menyebutkan tanda bacaan waqof
·      Menunjukan contoh hukum bacaan  waqof dalam Al Qur’an


·      Mempraktikan bacaan  waqof dalam Al Qur’an .
Unjuk kerja




Tes tulis




Dikte

Uraian




Rubrik




Uraian




Pedoman Dikte
·      Jelaskan pengertian Waqof


·      Sebutkan tanda-tanda Waqof dalam Al-Qur'an.!


·      Bagaimana cara membunyikan kalimat yang diwaqofkan apabila berupa sukun.?
1 X TM
2  jam
pelajaran
·      Buku Teks BTA
·      Buku Tajwid
·      Guru
·      Siswa




·      Tanggung Jawab









·      Disiplin




Standar Kompetensi    : 3. Memahami kaidah menulis kata dan kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1. Siswa mampu menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar




3.2. Siswa mampu menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
·      kaidah menulis kata dan kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar
·      Siswa membaca dan menelaah materi tentang kaidah menulis kata dan kalimat berharokat




·      Siswa memperhatikan dan menyontoh kata dan kalimat yang benar

·      Imlak


·      Menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar





·      Menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
·      Menulis bunyi kata dan kalimat dengan baik dan benar
Unjuk kerja




Tes tulis




Dikte

Uraian




Rubrik




Uraian



Pedoman Dikte
·     Tuliskan contoh kata dalam QS.Al – Alaq dengan baik dan benar.!!


·     Tuliskan contoh kalimat dalam QS.Al – Alaq dengan baik dan benar.!!
1 X TM
2  jam
pelajaran
·      Buku Teks BTA
·      Buku Tajwid
·      Guru
·      Siswa




·      Tanggung Jawab





·      Tanggung Jawab

·      Rasa Ingin Tahu




Standar Kompetensi    : 4. Membaca dan menghafal Al Qur’an surat-surat pendek pilihan dengan baik dan benar (Tartil)
Kompetensi Dasar
Materi Ajar
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Nilai Karakter
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1.   Membaca Al Qur’an surat-surat pendek








4.2.   Menghafal Al Qur’an surat-surat pendek


·      Al qur’an Surat
ü  Al - Qodr
ü  Al- ‘Alaq
ü  At- Tin


·      Siswa membaca Al qur’an Surat :
üAl – Qodr
üAl – 'Alaq
üAt – Tin.





·      Siswa menghafalkan surat :
üAl – Qodr
üAl – 'Alaq
üAt – Tin

1.        Membaca Surat-surat pendek dengan baik dan benar (tartil)
2.        Menghafal Surat-surat pendek dengan baik dan benar (tartil)






1.       Mengartikan Surat-surat pendek dengan baik dan benar
2.       Menyalin Surat-surat pendek dengan baik dan benar


·      Unjuk kerja









·      Unjuk kerja
·      Rubrik









·      Rubrik

·      Bacalah QS Al – 'Alaq dengan baik dan benar secara tartil







·      Hafalkan QS. At – Tin

1 X TM
2  jam
pelajaran
·      Juz Amma
·      Buku Tajwid
·      Guru
·      Tape/VCD
·      Gemar membaca
·      Tanggung Jawab





·      Tanggung Jawab
·      Tanggung Jawab






Guru Mata Pelajaran




NASRULLAH, M.Pd I
NIP.



5 komentar: