SILABUS MULOK BACA TULIS
AL-QUR’AN
Sekolah : SMK NEGERI I KLABANG
Kelas/Semester : XI / Genap
Mata
Pelajaran :
Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)
Jumlah Pertemuan : 5 TM x 2 (10 Jam Pelajaran)
Standar Kompetensi : 1. Memahami
dan Menerapkan Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
1.1.
Siswa mampu
Menunjukkan Menjelaskan Hukum Bacaan
Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’
1.2.
Siswa mampu menerapkan
Hukum Bacaan Qolqolah dan
Hukum Bacaan Lam dan Ro’
|
·
Hukum
Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’
|
·
Siswa
membaca dan menelaah materi tentang Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan
Lam dan Ro’
·
Siswa
mendiskusikan materi tentang Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan
Ro’
·
Siswa
mempraktikan Hukum Bacaan Qolqolah dan Hukum Bacaan Lam dan Ro’ dalam bacaan
surat-surat pendek
|
·
Menunjukkan
dan Menjelaskan Hukum
Bacaan Qolqolah
·
Menyebutkan
macam-macam huruf qolqolah
·
Menjelaskan qolqolah sughro dan qolqolah kubro
·
Membedakan qolqolah sughro dan qolqolah kubro
·
Menjelaskan Hukum Bacaan Lam dan Ro’
·
Menyebutkan macam-macam huruf Isti’lak
·
Menjelaskan
bacaan lan dan ro’ tafkhim dan ro’ tarqiq
·
Membedakan lam dan ro’ tafkhim dan lam dan ro’ tarqiq
·
Mempraktikkan
pengucapan bacaan qolqolah sughro dan qolqolah
kubro
· Mempraktikkan pengucapan bacaan ro’tafkhim dan ro’ tarqiq
|
Tes tulis
Tes baca
Tes tulis
|
Uraian
Demonstrasi
|
· Jelaskan hukum bacaan Qolqolah.!
· Sebutkan
macam-macam Lam dan Ro'.!
· Berilah
contoh kalimat yang mengandung bacaan Qolqolah Kubro.!
|
1 X TM
2 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Guru
·
Siswa
|
·
Tanggung Jawab
·
Disiplin
|
Standar Kompetensi :
2. Memahami Hukum Bacaan Waqof dan
menerapkan dalam membaca Al Qur’an dengan baik dan benar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
2.1.
Menjelaskan
hukum bacaan Waqof.
2.2. Menunjukan hukum
bacaan Waqof dalam bacaan surat Al Qur’an
2.3.
Menerapkan
hukum bacaan Waqof dalam bcaan surat Al Qur’an
|
·
Hukum bacaan Waqof
|
·
Siswa
membaca dan menelaah materi tentang Hukum bacaan Waqof
·
Siswa
mendiskusikan materi tentang Hukum bacaan Waqof
·
Siswa
mempraktikan Hukum bacaan Waqof dalam bacaan surat-surat pendek
|
·
Menjelaskan pengertian dan hukum bacaan waqof.
·
Menyebutkan macam-macam bacaan .waqof dan cara membacanya.
·
Menyebutkan tanda bacaan waqof
·
Menunjukan contoh hukum bacaan
waqof dalam Al Qur’an
·
Mempraktikan bacaan waqof
dalam Al Qur’an .
|
Unjuk kerja
Tes tulis
Dikte
|
Uraian
Rubrik
Uraian
Pedoman Dikte
|
·
Jelaskan
pengertian Waqof
·
Sebutkan
tanda-tanda Waqof dalam Al-Qur'an.!
·
Bagaimana cara
membunyikan kalimat yang diwaqofkan apabila berupa sukun.?
|
1 X TM
2 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Guru
·
Siswa
|
·
Tanggung Jawab
·
Disiplin
|
Standar Kompetensi :
3. Memahami
kaidah menulis kata dan kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
3.1. Siswa mampu menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
3.2. Siswa mampu menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
|
·
kaidah menulis kata dan kalimat dalam Al-Qur’an dengan baik dan
benar
|
· Siswa membaca dan menelaah
materi tentang kaidah menulis kata dan kalimat berharokat
· Siswa memperhatikan dan menyontoh kata dan kalimat yang
benar
· Imlak
|
·
Menjelaskan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
·
Menerapkan kaidah menulis kata dan kalimat dengan baik dan benar
· Menulis bunyi kata dan
kalimat dengan baik dan benar
|
Unjuk kerja
Tes tulis
Dikte
|
Uraian
Rubrik
Uraian
Pedoman Dikte
|
·
Tuliskan contoh kata dalam QS.Al – Alaq dengan baik dan benar.!!
· Tuliskan contoh kalimat dalam QS.Al
– Alaq dengan baik dan benar.!!
|
1 X TM
2 jam
pelajaran
|
·
Buku Teks BTA
·
Buku Tajwid
·
Guru
·
Siswa
|
·
Tanggung Jawab
·
Tanggung Jawab
·
Rasa Ingin Tahu
|
Standar
Kompetensi : 4. Membaca dan menghafal
Al Qur’an surat-surat pendek pilihan dengan baik dan benar (Tartil)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Ajar
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Nilai
Karakter
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|||||||
4.1. Membaca Al Qur’an surat-surat
pendek
4.2. Menghafal Al Qur’an
surat-surat pendek
|
·
Al qur’an
Surat
ü Al - Qodr
ü Al- ‘Alaq
ü At- Tin
|
·
Siswa membaca Al qur’an Surat :
üAl – Qodr
üAl – 'Alaq
üAt – Tin.
·
Siswa menghafalkan surat :
üAl – Qodr
üAl – 'Alaq
üAt – Tin
|
1.
Membaca Surat-surat pendek dengan baik dan benar (tartil)
2.
Menghafal Surat-surat pendek dengan baik dan benar (tartil)
1.
Mengartikan Surat-surat pendek dengan baik dan benar
2.
Menyalin Surat-surat pendek dengan baik dan benar
|
·
Unjuk kerja
·
Unjuk kerja
|
·
Rubrik
·
Rubrik
|
·
Bacalah QS Al – 'Alaq dengan baik
dan benar secara tartil
·
Hafalkan QS. At – Tin
|
1 X TM
2 jam
pelajaran
|
·
Juz Amma
·
Buku Tajwid
·
Guru
·
Tape/VCD
|
·
Gemar membaca
·
Tanggung Jawab
·
Tanggung Jawab
·
Tanggung Jawab
|
|
|
Guru Mata Pelajaran
NASRULLAH, M.Pd I
NIP.
|
|
|
|
terimakasih, sangat membantu.....
BalasHapusterima kasih, sangat membantu. Kunjungi juga Pengertian Puisi
BalasHapusSemester 1 ny dong 😊
BalasHapusmakaseeeeehhh :-)
BalasHapusterima kasih
BalasHapus